Inovasi KRL Commuter Line

1. Pengoperasian KRL dengan Stamformasi (SF) 12 
Pengoperasian KRL dengan satu rangkaian terdiri dari 12 kereta mulai hadir pada 16 September 2015. KCI mengoperasikan KRL dengan rangkaian yang lebih panjang untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa yang jumlahnya semakin meningkat.

2. Aplikasi KRL Access
Pengguna KRL dapat memperoleh informasi seputar jadwal perjalanan KRL, posisi kereta secara real time, tarif, serta informasi kepadatan di stasiun. Aplikasi ini juga dapat mengetahui saldo KMT dengan menempelkan KMT pada perangkat NFC di smart phone. KRL Access dapat diunduh di Play Store dan Appstore.

commuter43_story_fix2_

3. Vending Machine (C-VIM)
Mulai 27 Desember 2015 Commuter Vending Machine (C-VIM) hadir di stasiun agar pengguna dapat menentukan rencana perjalanannya sendiri. Vending machine ini dilengkapi fitur layanan isi ulang Kartu Multi Trip (KMT), layanan pembelian Tiket Harian Berjaminan (THB) dan pembelian THB PP, layanan isi ulang THB dan refund THB. Hadirnya vending machine ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transaksi pengguna jasa kereta Commuter Line yang kian hari semakin meningkat.

website-baru1

4. Kereta Khusus Wanita (KKW)
Inovasi kereta khusus wanita hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna KRL, khususnya wanita yang ingin menggunakan Commuter Line tanpa berbagi ruang dengan laki-laki. KKW mulai berlaku sejak 19 Agustus 2010 dengan kereta pertama dan terakhir dalam setiap rangkaian kereta khusus untuk penumpang wanita. Dengan hadirnya kereta khusus wanita ini diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para wanita yang menggunakan Commuter Line.

web-baru-18

5. Lost and Found
Ini merupakan layanan bagi pengguna KRL yang barangnya tertinggal dan ditemukan oleh petugas atau pengguna lainnya. Segera laporkan ke petugas stasiun terdekat apabila barang pengguna tertinggal di dalam KRL. Petugas KCI akan saling berkoordinasi untuk mencari dan menemukan barang pengguna KRL yang hilang.

whatsapp-image-2020-07-10-at-10-29-13

6. Tempat Duduk Prioritas
Demi menjaga kenyamanan penumpang, KRL menyediakan tempat duduk prioritas yang diperuntukkan bagi lansia, ibu membawa balita, wanita hamil, dan pengguna dengan disabilitas. Tempat duduk prioritas ini disediakan di ujung setiap kereta, dan mulai tahun 2016 tersedia pula di peron stasiun. Diharapkan dengan adanya tempat duduk prioritas ini, penumpang dengan kebutuhan khusus dapat lebih nyaman menggunakan Commuter Line.

ganti-gambar-website-02

7. E-Ticketing
Sejak 1 juli 2013 PT KCI mulai menerapkan e-ticketing menggantikan tiket kertas, dalam rangka meningkatkan pelayanan Commuter Line. Dengan sistem e-ticketing, pengguna Commuter Line dapat lebih tertib dan nyaman melakukan perjalanan. E-ticket ini dibagi menjadi dua macam yaitu Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjamin (THB). Tiket elektronik ini lebih efisien dan mudah untuk digunakan, mengurangi limbah kertas yang merusak lingkungan, serta sejalan dengan kebijakan pemerintah mewujudkan cash-less society.

8. Petugas Pelayanan KRL (PPK)
Pelayanan adalah hal yang paling utama. Karena itu PT KCI kembali memberikan inovasi di bidang pelayanan dengan menugaskan petugas pelayanan KRL yang siap membantu para penumpang KRL dengan memberikan informasi selama perjalanan. PPK yang melayani di rangkaian KRL sejak Februari 2014 juga bertugas membantu masinis apabila terjadi gangguan teknis dalam perjalanan, serta melayani buka tutup pintu saat penumpang turun dan naik di stasiun.

9. Ruang Pelayanan Disabilitas
Bagi pengguna KRL dengan disabilitas dapat memanfaatkan ruangan yang berada di Stasiun Juanda ini untuk memastikan kebutuhannya saat menggunakan KRL terpenuhi dengan baik. Pengguna dengan disabilitas juga dapat menyampaikan masukan seputar layanan disabilitas serta informasi seputar layanan KCI secara umum. Ketika pengguna dengan disabilitas akan menggunakan KRL, petugas di stasiun keberangkatan akan berkoordinasi dengan petugas di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan untuk membantu naik/turun.

img_8941

10. C-Ranger
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 membuat seluruh masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan. Di lingkungan KCI dibentuklah C-Ranger yang merupakan sekelompok karyawan dengan tugas menyosialisasikan 3M baik kepada sesama karyawan maupun kepada pengguna KRL. C-Ranger disebar ke seluruh stasiun dan unit kerja KCI untuk senantiasa mengingatkan penerapan protokol kesehatan.

img_8442

 

11. Kartu Multi Trip (KMT)
KCI terus berinovasi mengeluarkan KMT dengan berbagai macam desain yang menarik.

20210415_152959

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.