Pacman Trivia

Pac-Man  adalah game arcade labirin yang dikembangkan dan dirilis oleh Namco pada tahun 1980. Judul asli Jepang  Puck Man  diubah menjadi  Pac-Man  untuk rilis internasional sebagai tindakan pencegahan terhadap perusakan mesin arcade dengan mengubah P menjadi F. Di luar Jepang, game ini diterbitkan oleh Midway Games sebagai bagian dari perjanjian lisensi dengan Namco America. Pemain mengontrol Pac-Man, yang harus memakan semua titik di dalam labirin tertutup sambil menghindari empat hantu berwarna. Makan titik-titik besar yang berkedip-kedip yang disebut “Power Pellet” menyebabkan hantu menjadi biru, memungkinkan Pac-Man memakannya untuk mendapatkan poin bonus.

Perkembangan permainan dimulai pada awal 1979, disutradarai oleh Toru Iwatani dengan tim beranggotakan sembilan orang. Iwatani ingin membuat game yang menarik bagi wanita maupun pria, karena kebanyakan video game saat itu bertema perang atau olah raga. Meski inspirasi untuk karakter Pac-Man adalah, kabarnya, gambar pizza dengan potongan dihilangkan, Iwatani mengatakan dia juga melengkapi karakter Jepang untuk mulut,  kuchi . Karakter dalam game dibuat lucu dan penuh warna untuk menarik pemain yang lebih muda. Judul asli Jepang  Puckman  berasal dari bentuk keping hoki karakter tituler.

Pac-Man  adalah sukses kritis dan komersial yang tersebar luas, dan memiliki warisan komersial dan budaya yang abadi. Gim ini dianggap penting dan berpengaruh, dan biasanya terdaftar sebagai salah satu gim video terhebat sepanjang masa. Keberhasilan permainan menghasilkan beberapa sekuel, merchandise, dan dua serial televisi, serta single hit oleh Buckner dan Garcia. The  Pac-Man  video game franchise tetap menjadi salah satu seri game paling sukses dan terlaris sepanjang masa, menghasilkan lebih dari $ 14 miliar pada pendapatan (per 2016) dan $ 43 juta dalam penjualan gabungan. Karakter Pac-Man adalah maskot dan ikon andalan Bandai Namco Entertainment dan memiliki kesadaran merek tertinggi dari semua karakter video game di Amerika Utara.

 

Gameplay

Tangkapan layar dalam game. Keempat hantu berada di tengah layar dengan Pac-Man berada di bawahnya. Ke bawah adalah jumlah hidup pemain dan ikon level (dalam hal ini diwakili oleh ceri), di atas adalah skor pemain.

Pac-Man  adalah video game labirin kejar-kejaran; pemain mengontrol karakter eponim melalui labirin tertutup. Tujuan permainan ini adalah memakan semua titik yang ditempatkan di labirin sambil menghindari empat hantu berwarna – Blinky (merah), Pinky (merah muda), Inky (cyan), dan Clyde (oranye) – yang mengejarnya. Saat semua titik dimakan, pemain maju ke level berikutnya. Jika Pac-Man melakukan kontak dengan hantu, dia akan kehilangan nyawa; permainan berakhir ketika semua nyawa hilang. Masing-masing dari empat hantu memiliki kecerdasan buatan (AI) atau “kepribadian” yang unik dan berbeda; Blinky langsung mengejar Pac-Man, Pinky dan Inky mencoba memposisikan diri di depan Pac-Man, biasanya dengan menyudutkannya, dan Clyde akan beralih antara mengejar Pac-Man dan kabur darinya.

Ditempatkan di empat sudut labirin adalah “energizer” besar yang berkedip, atau “pelet daya”. Makan ini akan menyebabkan hantu membiru dengan ekspresi pusing dan berbalik arah. Pac-Man dapat memakan hantu biru untuk mendapatkan poin bonus; ketika dimakan, mata mereka kembali ke kotak tengah di labirin, di mana hantu “beregenerasi” dan melanjutkan aktivitas normal mereka. Makan beberapa hantu biru secara berurutan meningkatkan nilai poin mereka. Setelah jangka waktu tertentu, hantu berwarna biru akan berkedip putih sebelum kembali ke bentuk normal yang mematikan. Makan sejumlah titik tertentu dalam suatu level akan menyebabkan item bonus, biasanya dalam bentuk buah, muncul di bawah kotak tengah, yang dapat dimakan untuk mendapatkan poin bonus.

Permainan meningkat dalam kesulitan seiring dengan kemajuan pemain; hantu menjadi lebih cepat dan efek energizer berkurang durasinya, ke titik di mana hantu tidak lagi membiru dan dapat dimakan. Di sisi labirin ada dua “terowongan warp”, yang memungkinkan Pac-Man dan hantu melakukan perjalanan ke sisi berlawanan dari layar. Hantu menjadi lebih lambat saat masuk dan keluar terowongan ini. Level ditunjukkan oleh ikon buah di bagian bawah layar. Di antara level adalah adegan pintas yang menampilkan Pac-Man dan Blinky dalam situasi lucu dan lucu. Gim menjadi tidak dapat dimainkan pada level 256 karena kelebihan bilangan bulat yang memengaruhi memori gim.

 

Pengembangan

Setelah mengakuisisi divisi Atari yang sedang berjuang di Jepang pada tahun 1974, pengembang video game Namco mulai memproduksi video game sendiri di rumah, bukan hanya melisensikannya dari pengembang lain dan mendistribusikannya di Jepang. Presiden perusahaan Masaya Nakamura membuat grup pengembangan video game kecil di dalam perusahaan dan memerintahkan mereka untuk mempelajari beberapa mikrokomputer yang diproduksi NEC untuk berpotensi membuat game baru. Salah satu orang pertama yang ditugaskan ke divisi ini adalah seorang karyawan berusia 24 tahun bernama Toru Iwatani. Dia menciptakan video game pertama Namco  Gee Bee pada tahun 1978, yang meskipun tidak berhasil membantu perusahaan mendapatkan pijakan yang lebih kuat dalam industri video game yang berkembang pesat. Dia juga membantu dalam produksi dua sekuel,  Bomb Bee  dan  Cutie Q., keduanya dirilis pada 1979.

Pencipta Toru Iwatani di Game Developers Conference 2011

Industri video game Jepang telah melonjak popularitasnya dengan game-game seperti  Space Invaders  dan  Breakout, yang menyebabkan pasar dibanjiri dengan judul serupa dari pabrikan lain dalam upaya untuk menguangkan kesuksesan. Iwatani merasa bahwa game arcade hanya menarik perhatian pria karena grafis dan kekerasannya yang kasar, dan arcade secara umum dipandang sebagai lingkungan yang kumuh. Untuk proyek berikutnya, Iwatani memilih untuk membuat video game tanpa kekerasan dan ceria yang paling menarik bagi wanita, karena ia percaya bahwa menarik wanita dan pasangan ke arcade berpotensi membuat mereka tampak lebih ramah keluarga. Iwatani mulai memikirkan hal-hal yang disukai wanita pada masanya; ia memutuskan untuk memusatkan permainannya pada makan, mendasarkan pada wanita yang suka makan makanan penutup dan permen lainnya. Permainannya awalnya bernama  Pakkuman, berdasarkan istilah onomatopoeia Jepang “paku paku taberu”, merujuk pada gerakan mulut membuka dan menutup secara berurutan.

Game yang kemudian menjadi  Pac-Man ini  mulai dikembangkan pada awal 1979 dan membutuhkan waktu satu tahun lima bulan untuk menyelesaikannya, terlama untuk sebuah video game hingga saat itu. Iwatani meminta bantuan sembilan karyawan Namco lainnya untuk membantu produksi, termasuk komposer Toshio Kai, programmer Shigeo Funaki, dan desainer Shigeichi Ishimura. Perhatian diberikan untuk membuat game menarik bagi penonton “non-kekerasan”, terutama wanita, dengan penggunaan gameplay sederhana dan desain karakter yang lucu dan menarik. Saat game ini dikembangkan, Namco sedang dalam proses mendesain  Galaxian, yang menggunakan tampilan warna RGB yang kemudian revolusioner, memungkinkan sprite untuk menggunakan beberapa warna sekaligus alih-alih menggunakan potongan plastik berwarna yang umum pada saat itu; pencapaian teknologi ini memungkinkan Iwatani untuk meningkatkan permainannya dengan warna-warna pastel cerah, yang menurutnya akan membantu menarik pemain. Ide untuk energizer adalah konsep yang dipinjam Iwatani dari Popeye the Sailor, karakter kartun yang untuk sementara memperoleh kekuatan super setelah makan sekaleng bayam; Juga diyakini bahwa Iwatani juga sebagian terinspirasi oleh cerita anak-anak Jepang tentang makhluk yang melindungi anak-anak dari monster dengan cara melahapnya. Frank Fogleman, salah satu pendiri Gremlin Industries, percaya bahwa permainan labirin  Pac-Man  terinspirasi oleh Sega’s  Head On (1979), game arcade serupa yang populer di Jepang.

Iwatani sering mengklaim bahwa karakter Pac-Man sendiri dirancang dalam bentuk pizza dengan potongan yang hilang saat dia makan siang; dalam sebuah wawancara tahun 1986 dia mengatakan bahwa ini hanya setengah kebenaran, dan bahwa karakter Pac-Man juga didasarkan padanya melengkapi dan menyederhanakan karakter Jepang “kuchi” (口), yang berarti “mulut”. Keempat hantu itu dibuat lucu, penuh warna dan menarik, menggunakan warna pastel yang cerah dan mata biru yang ekspresif. Iwatani telah menggunakan ide ini sebelumnya di  Cutie Q , yang menampilkan karakter mirip hantu, dan memutuskan untuk memasukkannya ke dalam  Pac-Man . Dia juga terinspirasi oleh serial televisi  Casper the Friendly Ghost  dan manga  Obake no Q-Taro. Hantu dipilih sebagai antagonis utama permainan karena mereka digunakan sebagai karakter jahat dalam animasi. Ide bonus buah didasarkan pada grafik yang ditampilkan pada mesin slot, yang sering menggunakan simbol seperti ceri dan lonceng.

Awalnya, presiden Namco Masaya Nakamura telah meminta agar semua hantu itu berwarna merah dan dengan demikian tidak dapat dibedakan satu sama lain. Iwatani percaya bahwa hantu harus memiliki warna yang berbeda, dan dia mendapat dukungan penuh dari rekan-rekannya untuk ide ini. Masing-masing hantu diprogram untuk memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sehingga permainan tidak menjadi terlalu membosankan atau sangat sulit untuk dimainkan. Setiap nama hantu memberikan petunjuk strateginya untuk melacak Pac-Man: Shadow (“Blinky”) selalu mengejar Pac-Man, Speedy (“Pinky”) berusaha mendahului, Bashful (“Inky”) menggunakan lebih banyak strategi rumit untuk membidiknya, dan Pokey (“Clyde”) bergantian antara mengejarnya dan melarikan diri (Nama Jepang para hantu, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, masing-masing adalah Chaser, Ambusher, Fickle, dan Stupid. ) Untuk memecah ketegangan karena terus dikejar, jeda lucu antara Pac-Man dan Blinky ditambahkan. Efek suara termasuk di antara hal-hal terakhir yang ditambahkan ke dalam game, yang diciptakan oleh Toshio Kai. Dalam sesi desain, Iwatani memakan buah dengan ribut dan membuat suara gemericik untuk menjelaskan kepada Kai bagaimana dia ingin efek makan itu terdengar. Setelah selesai, permainan itu diberi judul Puck Man , berdasarkan judul kerja dan bentuk seperti keping hoki karakter tituler yang berbeda.

 

Melepaskan

Pengujian lokasi untuk  Puck Man dimulai pada 22 Mei 1980 di Shibuya, Tokyo, dengan sambutan meriah yang relatif positif dari para pemain. Pertunjukan pribadi untuk permainan dilakukan pada bulan Juni, diikuti oleh rilis nasional pada bulan Juli. Mengincar kesuksesan game tersebut di Jepang, Namco menginisialisasi rencana untuk menghadirkan game tersebut ke negara-negara internasional, khususnya Amerika Serikat. Sebelum mempertunjukkan game tersebut kepada distributor, Namco America melakukan sejumlah perubahan, seperti mengganti nama-nama hantu. Yang terbesar adalah judul gamenya; eksekutif di Namco khawatir bahwa pengacau akan mengubah “P” di  Puck Man  menjadi “F”, membentuk nama yang tidak senonoh. Masaya Nakamura memilih untuk mengganti namanya menjadi  Pac-Man , karena dia merasa itu lebih dekat dengan judul asli game Jepang  Pakkuman.. Ketika Namco mempresentasikan  Pac-Man  dan  Rally-X kepada distributor potensial pada pameran dagang AMOU 1980 pada bulan November, para eksekutif yakin bahwa Rally-X akan menjadi game terlaris tahun itu. Midway Games setuju untuk mendistribusikan kedua game di Amerika Utara, mengumumkan akuisisi hak produksi mereka pada 22 November dan merilisnya pada Desember.

 

Konversi

Pac-Man di  -porting ke sejumlah besar sistem video game rumahan dan komputer pribadi; yang paling terkenal adalah konversi Atari 2600 tahun 1982, yang dirancang oleh Tod Frye dan diterbitkan oleh Atari. Versi gim ini banyak dikritik karena penggambaran yang tidak akurat tentang versi arcade dan pilihan desainnya yang khas, terutama efek kerlip hantu. Namun, itu sukses komersial, telah terjual lebih dari tujuh juta eksemplar. Atari juga merilis versi untuk Intellivision, Commodore VIC-20, Commodore 64, Apple II, IBM PC, Texas Instruments TI-99 / 4A, ZX Spectrum, dan keluarga komputer Atari 8-bit. Porta untuk Atari 5200 dirilis pada tahun 1983, versi yang dilihat banyak orang sebagai peningkatan yang signifikan dibandingkan versi Atari 2600.

Namco sendiri merilis versi untuk Komputer Keluarga pada tahun 1984 sebagai salah satu judul pihak ketiga pertama konsol, serta port untuk komputer MSX. Versi Famicom kemudian dirilis di Amerika Utara untuk Nintendo Entertainment System oleh Tengen, anak perusahaan Atari Games. Tengen juga membuat versi game yang tidak berlisensi dalam cangkang kartrid hitam, yang dirilis pada saat Tengen dan Nintendo berselisih pendapat tentang pendirian yang terakhir tentang kontrol kualitas untuk konsol mereka; versi ini kemudian dirilis ulang oleh Namco sebagai judul resmi pada tahun 1993, menampilkan label dan kotak kartrid baru. Versi Famicom dirilis untuk Sistem Disk Famicom pada tahun 1990 sebagai judul anggaran untuk kios Penulis Disk di toko ritel. Pada tahun yang sama, Namco merilis pelabuhan  Pac-Man untuk Game Boy, yang memungkinkan permainan kooperatif dua pemain melalui periferal Kabel Link Game. Sebuah versi untuk Game Gear dirilis setahun kemudian, yang juga mengaktifkan dukungan untuk multipemain. Untuk merayakan ulang tahun ke-20 game pada tahun 1999, Namco merilis kembali versi Game Boy untuk Game Boy Color, yang digabungkan dengan  Pac-Attack  dan berjudul  Pac-Man: Special Color Edition . Pada tahun yang sama, Namco dan SNK bersama-sama menerbitkan port untuk Neo Geo Pocket Color, yang dilengkapi dengan “Cross Ring” melingkar yang melekat pada d-pad untuk membatasinya pada gerakan empat arah.

Pada tahun 2001, Namco merilis port  Pac-Man  untuk berbagai ponsel Jepang, menjadi salah satu rilis game seluler pertama perusahaan. Versi Famicom dari game ini dirilis ulang untuk Game Boy Advance pada tahun 2004 sebagai bagian dari seri  Famicom Mini  , dirilis untuk memperingati ulang tahun ke-25 Famicom; versi ini juga dirilis di Amerika Utara dan Eropa di bawah   label Classic NES Series . Namco Networks merilis  Pac-Man  untuk perangkat seluler BREW pada tahun 2005. Arcade asli dirilis untuk layanan Xbox Live Arcade pada tahun 2006, menampilkan pencapaian dan papan peringkat online. Pada tahun 2009 versi untuk perangkat iOS diterbitkan; rilis ini kemudian diganti namanya menjadi  Pac-Man + Turnamen pada 2013, menampilkan labirin dan papan peringkat baru. Versi NES dirilis untuk Konsol Virtual Wii pada tahun 2007. Versi Roku dirilis pada tahun 2011, bersamaan dengan port dari rilis Game Boy untuk Konsol Virtual 3DS. Pac-Man  adalah satu dari empat judul yang dirilis di bawah merek  Arcade Game Series  , yang diterbitkan untuk Xbox One, PlayStation 4, dan PC pada tahun 2016.

Pac-Man  termasuk dalam banyak kompilasi Namco, termasuk  Namco Museum Vol. 1  (1995),  Namco Museum 64  (1999),  Namco Museum Battle Collection  (2005),  Namco Museum DS  (2007),  Namco Museum Essentials  (2009), dan  Namco Museum Megamix  (2010). Pada tahun 1996, itu dirilis ulang untuk arcade sebagai bagian dari  Koleksi Klasik Namco Vol. 2 , bersama dengan  Dig Dug ,  Rally-X  dan remake khusus “Arrangement” dari ketiga judul tersebut. Microsoft memasukkan  Pac-Man  dalam  Microsoft Return of Arcade (1995) sebagai cara untuk membantu menarik perusahaan video game ke sistem operasi Windows 95 mereka. Namco merilis game tersebut dalam volume ketiga  Namco History di Jepang pada tahun 1998. Kompilasi Game Boy Advance Pac-Man Collection tahun 2001   mengkompilasi  Pac-Man ,  Pac-Mania ,  Pac-Attack  dan  Pac-Man Arrangement ke dalam satu kartrid. Pac-Man  juga merupakan tambahan tersembunyi di game arcade  Ms. Pac-Man / Galaga – Kelas 1981 (2001). Kabinet serupa dirilis pada 2005 yang menampilkan  Pac-Man sebagai centerpiece. Pac-Man 2: The New Adventures  (1993) dan  Pac-Man World 2  (2002) punya Pac-Man  sebagai ekstra yang tidak bisa dibuka. Bersamaan dengan pembuatan ulang Xbox 360  Pac-Man Championship Edition , itu porting ke Nintendo 3DS pada tahun 2012 sebagai bagian dari  Dimensi Pac-Man & Galaga . Game Wii 2010  Pac-Man Party  dan pembuatan ulang 3DS 2011 juga menyertakan  Pac-Man  sebagai game bonus, bersama dengan versi arcade dari  Dig Dug  dan  Galaga . Pada tahun 2014,  Pac-Man  masuk dalam judul kompilasi  Pac-Man Museum  untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan PC, bersama beberapa  game Pac-Man lainnya. Versi NES adalah satu dari 30 game yang termasuk dalam NES Classic Edition.

 

Penerimaan

Penjualan

Ketika pertama kali dirilis di Jepang,  Pac-Man  hanya sukses kecil; Namco sendiri  Galaxian  memiliki cepat kalah permainan dalam popularitas, karena playerbase didominasi laki-laki menjadi akrab dengan gameplay shooting-nya sebagai lawan  Pac-Man  karakter lucu dan maze-mengejar tema. Iwatani mengklaim bahwa permainan itu sangat populer di kalangan wanita, yang dia harapkan selama pengembangan. Sebagai perbandingan, di Amerika Utara,  Pac-Man  menjadi sukses nasional. Dalam satu tahun, lebih dari 100.000 unit arcade telah terjual yang meraup keuntungan kotor lebih dari US $ 1 miliar di setiap kuartal. Pac-Man  mengambil alih  Asteroid sebagai game arcade terlaris di negara ini, dan melampaui Star Wars: A New Hope dengan pendapatan lebih dari US $ 1 miliar. Pada tahun 1982, diperkirakan memiliki 30 juta pemain aktif di seluruh Amerika Serikat. Beberapa arcade membeli seluruh baris   lemari Pac-Man .

Jumlah unit arcade yang terjual telah tiga kali lipat menjadi 400.000 pada tahun 1982, menerima perkiraan total tujuh miliar koin. Penjualan merchandise bertema Pac-Man juga telah melampaui US $ 1 miliar. Dalam sebuah wawancara tahun 1983, Nakamura mengatakan bahwa meskipun dia mengharapkan  Pac-Man sukses, “Saya tidak pernah mengira ini akan sebesar ini.” Pac-Man  adalah game arcade terlaris sepanjang masa dengan pendapatan lebih dari US $ 2,5 miliar, melampaui  Space Invaders – pada tahun 2016, USgamer menghitung bahwa pendapatan yang disesuaikan dengan inflasi mesin tersebut setara dengan $ 7,68 miliar. Versi Atari 2600 dari game tersebut terjual lebih dari tujuh juta kopi, menjadikannya judul konsol terlaris. Versi Family Computer dan rilis ulang Game Boy di tahun 2004 terjual sebanyak 598.000 kopi di Jepang. Unit arcade tabletop Coleco terjual lebih dari 1,5 juta unit, sementara port ponsel telah terjual lebih dari 30 juta unduhan berbayar.

 

Ulasan

Pac-Man  dianugerahi “Game Arcade Komersial Terbaik” di Arcade Awards 1982. II Computing  mendaftarkan Atarisoft port kesepuluh dalam daftar majalah game Apple II teratas pada akhir 1985, berdasarkan data penjualan dan pangsa pasar. Pada tahun 2001,  Pac-Man  terpilih sebagai video game terhebat sepanjang masa oleh jajak pendapat Dixons di Inggris. Situs agregator daftar Playthatgame saat ini menempatkan Pac-Man sebagai game top # 53 sepanjang masa & game tahun ini.

 

Dampak

Pac-Man dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu video game paling berpengaruh sepanjang masa; Karakter judulnya adalah maskot game orisinal pertama, game ini membentuk genre game maze chase, mendemonstrasikan potensi karakter dalam video game, meningkatkan daya tarik video game dengan penonton wanita, dan ini adalah kesuksesan lisensi luas pertama game. Itu adalah video game pertama dengan power-up, dan setiap hantu memiliki kecerdasan buatan deterministik (AI) yang bereaksi terhadap tindakan pemain. Ini sering dikutip sebagai game pertama dengan cutscene (dalam bentuk selingan lucu singkat tentang Pac-Man dan Blinky yang saling mengejar), meskipun sebenarnya  Space Invaders Part II menggunakan gaya jeda antar level yang serupa pada 1979.

Game “Maze chase” meledak di komputer rumah setelah Pac-Man dirilis  . Beberapa di antaranya muncul di depan pelabuhan resmi dan mendapat lebih banyak perhatian dari konsumen, dan terkadang pengacara, sebagai hasilnya. Ini termasuk  Taxman  (1981) dan  Snack Attack  (1982) untuk Apple II,  Jawbreaker  (1981) untuk keluarga Atari 8-bit,  Scarfman  (1981) untuk TRS-80, dan  KC Munchkin!  (1981) untuk Odyssey². Namco sendiri menghasilkan beberapa game maze chase lainnya, antara lain  Rally-X  (1980),  Dig Dug  (1982),  Exvania  (1992), dan  Tinkle Pit  (1994).

Pac-Man  juga menginspirasi varian 3D dari konsep tersebut, seperti  Monster Maze (1982) ,  Specter  (1982), dan penembak orang pertama awal seperti  MIDI Maze (1987; yang juga memiliki desain karakter serupa). John Romero memuji  Pac-Man sebagai permainan yang memiliki pengaruh terbesar dalam karirnya; Wolfenstein 3D  menyertakan level  Pac-Man dari perspektif orang pertama. Banyak  judul pasca -Pac-Man menyertakan power-up yang secara singkat membalikkan keadaan musuh. Pemrogram yang terinspirasi kecerdasan buatan dalam gim ini kemudian bekerja untuk perusahaan seperti Bethesda.

 

Warisan

 Eksposisi interaktif Pac-Man di The Art of Video Games

Guinness World Records telah menganugerahi  Pac-Man  seri delapan rekor dalam  Guinness World Records: Gamer’s Edition 2008 , termasuk “Permainan Koin Tersukses”. Pada tanggal 3 Juni 2010, di NLGD Festival of Games, pencipta game Toru Iwatani secara resmi menerima sertifikat dari Guinness World Records untuk  Pac-Man  yang memiliki “mesin arcade yang dioperasikan dengan koin” terbanyak yang dipasang di seluruh dunia: 293.822. Rekor ini ditetapkan dan diakui pada tahun 2005 dan disebutkan dalam  Guinness World Records: Gamer’s Edition 2008 , tetapi akhirnya benar-benar diberikan pada tahun 2010.

Karakter Pac-Man dan serial game menjadi ikon budaya video game selama tahun 1980-an. Berbagai macam   merchandise Pac-Man telah dipasarkan dengan gambar karakter tersebut, termasuk kaos oblong, mainan, imitasi video game genggam, pasta, dan sereal.

Gim ini telah menginspirasi berbagai rekreasi kehidupan nyata, yang melibatkan orang atau robot sungguhan. Satu peristiwa yang disebut Pac-Manhattan menetapkan Rekor Dunia Guinness untuk ” Permainan Pac-Man Terbesar  ” pada tahun 2004. Istilah bisnis “Pertahanan Pac-Man” dalam merger dan akuisisi mengacu pada target pengambilalihan yang mencoba membalikkan situasi dan sebagai gantinya mengakuisisi pengakuisisi berusaha, sebuah referensi untuk  Pac-Man  energizers s. Popularitas permainan telah menyebabkan “Pac-Man” diadopsi sebagai nama panggilan, seperti oleh petinju Manny Pacquiao dan pemain sepak bola Amerika Adam Jones. “Renormalisasi Pac-Man” dinamai untuk kemiripan kosmetik dengan karakter, dalam studi matematika dari himpunan Mandelbrot.

Pada tanggal 21 Agustus 2016, dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Panas 2016, dalam sebuah video yang menampilkan Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020, sebuah segmen kecil menampilkan Pac-Man dan para hantu berlomba dan memakan titik-titik di lintasan lari.

 

Televisi

The  Pac-Man  serial animasi TV yang diproduksi oleh Hanna-Barbera ditayangkan di ABC dari tahun 1982 ke tahun 1983. Sebuah dihasilkan komputer serial animasi berjudul  Pac-Man dan Ghostly Adventures ditayangkan di Disney XD pada bulan Juni 2013. Pada Februari 2019, seri ini juga direncanakan untuk ditayangkan di Universal Kids, tetapi pada akhirnya dibatalkan karena cakupan NBCUniversal yang rendah.

Musik

Lagu Buckner & Garcia “Pac-Man Fever” (1981) pergi ke No. 9 di  tangga  lagu Billboard Hot 100, dan menerima sertifikasi Emas untuk lebih dari 1 juta rekaman yang terjual pada tahun 1982,dan total 2,5 juta eksemplar terjual pada 2008. Lebih dari satu juta eksemplar album grup  Pac-Man Fever  (1982) terjual.

Pada tahun 1982, “Weird Al” Yankovic merekam parodi “Taxman” oleh The Beatles sebagai “Pac-Man”. Ini akhirnya dirilis pada tahun 2017 sebagai bagian dari  Squeeze Box: The Complete Works of “Weird Al” Yankovic . Pada tahun 1992, Aphex Twin (dengan nama Power-Pill) merilis  Pac-Man , sebuah album techno yang sebagian besar berisi sample dari game tersebut.

Pada tanggal 20 Juli 2020, Gorillaz dan ScHoolboy Q, merilis lagu berjudul “PAC-MAN” sebagai bagian dari seri Mesin Lagu Gorillaz untuk memperingati 40 tahun permainan, dengan video musik yang menggambarkan vokalis band, 2-D, diputar sebuah game arcade Pac-Man bertema Gorillaz.

Film

Karakter Pac-Man muncul dalam film  Pixels  (2015), dengan Denis Akiyama bermain sebagai pencipta serial Toru Iwatani. Pac-Man  direferensikan dan muncul di film Guardians of the Galaxy 2 2017  . Permainan, karakter, dan hantu semuanya juga muncul di film  Wreck-It Ralph  serta sekuel  Ralph Breaks the Internet .

Dalam  Sword Art Online The Movie: Ordinal Scale di  mana Kirito dan kawan-kawan mengalahkan sebuah game virtual reality bernama  PAC-Man 2024 . Iwatani menjadi cameo di awal film sebagai teknisi arcade. Dalam film tokusatsu Jepang  Kamen Rider Heisei Generations: Dr.Pac-Man vs. Ex-Aid & Ghost with Legend Riders , karakter mirip Pac-Man adalah penjahat utamanya.

Film Relaxer 2018   menggunakan  Pac-Man  sebagai elemen plot yang kuat dalam kisah seorang pria terikat sofa tahun 1999 yang mencoba untuk mengalahkan permainan (dan menemukan kesalahan Level 256 yang terkenal) sebelum masalah tahun 2000 terjadi.

Pada tahun 2008, sebuah film fitur berdasarkan permainan sedang dalam pengembangan.

Media game lainnya

Pada tahun 1982, Milton Bradley merilis permainan papan berdasarkan  Pac-Man . Pemain naik hingga empat karakter Pac-Man (kuning tradisional plus merah, hijau, dan biru) ditambah dua hantu sesuai lemparan sepasang dadu. Kedua potongan hantu itu dikemas secara acak dengan salah satu dari empat warna.

Produsen stiker Fleer menyertakan kartu permainan gosok dengan   stiker Pac-Man-nya . Paket kartu berisi   labirin gaya Pac-Man dengan semua titik di sepanjang jalur tersembunyi dengan penutup buram. Dari posisi awal, pemain bergerak di sekitar labirin sambil menggaruk penutup untuk mencetak poin.

Sebuah  Pac-Man -themed paket konten download untuk  Minecraft  dirilis pada tahun 2020 dalam rangka memperingati ulang tahun ke-40 permainan. Paket ini memperkenalkan hantu baru yang disebut ‘Creepy’, berdasarkan Creeper.

Skor sempurna dan rekor lainnya

Skor sempurna pada   game arcade Pac-Man asli adalah 3.333.360 poin, yang dicapai saat pemain memperoleh skor maksimum pada 255 level pertama dengan memakan setiap titik, energizer, buah, dan hantu biru tanpa kehilangan seorang pun, kemudian menggunakan keenam pria itu untuk dapatkan jumlah poin semaksimal mungkin pada level 256.

Orang pertama yang mencapai skor sempurna yang disaksikan dan diverifikasi di depan umum tanpa memanipulasi perangkat keras permainan untuk membekukan permainan adalah Billy Mitchell, yang melakukan prestasi tersebut pada 3 Juli 1999. Beberapa organisasi pencatatan menghapus skor Mitchell setelah penyelidikan 2018 oleh Twin Galaxies menyimpulkan bahwa dua  penampilan skor Donkey Kong yang tidak terkait yang  dikirimkan oleh Mitchell tidak menggunakan papan sirkuit asli yang tidak dimodifikasi. Pada Juli 2020, tujuh pemain lainnya telah mencapai  skor Pac-Man sempurna  pada perangkat keras arcade asli. Rekor dunia tercepat penyelesaian skor sempurna, menurut Twin Galaxies, saat ini dipegang oleh David Race dengan waktu 3 jam, 28 menit, 49 detik.

Pada Desember 1982, bocah lelaki berusia delapan tahun Jeffrey R. Yee menerima sepucuk surat dari presiden Amerika Serikat Ronald Reagan yang memberi selamat kepadanya dengan skor rekor dunia 6.131.940 poin, mungkin hanya jika ia telah melewati level 256. Pada bulan September 1983, Walter Day, kepala pencatat skor di Twin Galaxies pada saat itu, membawa Tim Video Game Nasional AS dalam tur ke Pantai Timur untuk mengunjungi para pemain yang mengklaim mampu melewati level itu. Tidak ada yang menunjukkan kemampuan seperti itu. Pada tahun 1999, Billy Mitchell menawarkan $ 100.000 kepada siapa saja yang dapat lulus level 256 sebelum 1 Januari 2000. Tawaran tersebut berakhir dengan hadiah tidak diklaim.

Setelah mengumumkan pada tahun 2018 bahwa mereka tidak lagi mengakui skor sempurna pertama di  Pac-Man , Guinness World Records membalikkan keputusan itu dan mengembalikan penampilan Billy Mitchell pada tahun 1999 pada 18 Juni 2020.

 

Remake dan sekuel

Pac-Man  menginspirasi serangkaian panjang sekuel, remake, dan re-imaginings, dan merupakan salah satu waralaba video game terlama dalam sejarah. Yang pertama adalah  Ms Pac-Man , yang dikembangkan oleh berbasis Amerika General Computer Corporation dan diterbitkan oleh Midway pada tahun 1982. gender karakter diubah menjadi perempuan dalam menanggapi  Pac-Man  popularitas s dengan wanita, dengan labirin baru, memindahkan item bonus, dan gameplay yang lebih cepat diimplementasikan untuk meningkatkan daya tariknya. Ms. Pac-Man  adalah salah satu game arcade terlaris di Amerika Utara, dan sering dianggap lebih unggul dari pendahulunya. Masalah hukum yang diangkat terkait siapa yang memiliki permainan tersebut menyebabkan  Ms. Pac-Man untuk dimiliki oleh Namco, yang membantu dalam produksi game. Ms.Pac-Man  menginspirasi lini remake  nya sendiri, termasuk  Ms. Pac-Man Maze Madness  (2000), dan  Ms. Pac-Man: Quest for the Golden Maze , dan juga termasuk dalam banyak  koleksi Namco dan  Pac-Man untuk konsol.

Tindak lanjut Namco sendiri ke aslinya adalah  Super Pac-Man , dirilis pada tahun 1982. Ini diikuti oleh Pac & Pal eksklusif Jepang  pada tahun 1983. Midway memproduksi banyak   sekuel Pac-Man lainnya selama awal 1980-an, termasuk  Pac-Man Plus  (1982),  Jr. Pac-Man  (1983),  Baby Pac-Man  (1983), dan  Professor Pac-Man  (1984). Permainan lain termasuk isometrik  Pac-Mania  (1987), side-scrollers  Pac-Land  (1984),  Hello! Pac-Man  (1994), dan  Pac-In-Time (1995), platformer 3D  Pac-Man World  (1999), dan permainan puzzle  Pac-Attack (1991) dan  Pac-Pix  (2005). Iwatani mendesain  Pac-Land  dan  Pac-Mania , keduanya tetap menjadi game favoritnya di seri ini. Pac-Man Championship Edition , yang diterbitkan untuk Xbox 360 pada tahun 2007, adalah game terakhir Iwatani sebelum meninggalkan perusahaan. Visual neon dan permainan cepatnya disambut dengan pujian, yang mengarah pada pembuatan  Pac-Man Championship Edition DX  (2010) dan  Pac-Man Championship Edition 2  (2016).

Versi Mini-Arcade meja dari Coleco dari game tersebut menghasilkan 1,5 juta unit yang terjual pada tahun 1982. Nelsonic Industries memproduksi   permainan jam tangan LCD Pac-Man dengan labirin yang disederhanakan juga pada tahun 1982.

Namco Networks menjual Pac-Man versi PC Windows yang dapat diunduh   pada tahun 2009 yang juga menyertakan mode yang disempurnakan yang menggantikan semua sprite asli dengan sprite dari  Pac-Man Championship Edition . Namco Networks membuat bundel yang dapat diunduh yang mencakup versi PC-nya dari  Pac-Man  dan port  Dig Dug yang  disebut  Namco All-Stars: Pac-Man dan Dig Dug . Pada tahun 2010, Namco Bandai mengumumkan perilisan game di Windows Phone 7 sebagai game Xbox Live.

Untuk akhir pekan tanggal 21-23 Mei 2010, Google mengubah logo di beranda menjadi versi game yang dapat dimainkan sebagai penghargaan atas peringatan 30 tahun rilis game tersebut. Versi Google Doodle dari  Pac-Man diperkirakan telah dimainkan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia pada tahun 2010, sehingga Google kemudian memberikan game tersebut halamannya sendiri.

Pada bulan April 2011, Sabun Kreatif diterbitkan  Terbesar di Dunia Pac-Man , bekerja sama dengan Microsoft dan Namco Bandai-untuk merayakan  Pac-Man  s 30th anniversary. Ini adalah game berbasis browser multipemain dengan labirin yang saling terkait dan dibuat oleh pengguna.

 

Sumber: wikipedia

 

 

PLAY BACK BACK TO HOME
This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.