Tips dan Panduan Pacman

Halaman ini berisi beberapa tip umum, dan pedoman, untuk membantu Anda berkembang sebagai pemain Pac-Man. Sebagian besar tip ini ditujukan untuk bertahan hidup, bukan skor tinggi. Skor tinggi hanya dapat dicapai jika Anda tahu cara menjaga Pac-Man tetap hidup untuk waktu yang lama, jadi Anda harus fokus untuk menjadi pemain yang lebih baik sebelum mengejar skor permainan sempurna sebesar 3.333.360 poin.

 

Ketahui labirinnya

Labirin berisi 240 pellet dan 4 power pellet.
  • Power Pellet : Ini ditandai dengan titik hijau pada diagram. Mereka memberi Pac-Man kemampuan sementara untuk memakan hantu dan mendapatkan poin ekstra. Mereka juga akan meminta hantu membuat pilihan acak ketika terjebak di antara dua atau lebih jalan yang bisa mereka lalui. Setelah memakan hantu, matanya akan kembali ke regenerator hantu di tengah labirin dan langsung beregenerasi. Anda masih bisa dibunuh oleh hantu yang telah beregenerasi meskipun hantu lainnya mungkin masih berwarna biru. Saat putaran meningkat, periode waktu hantu tetap biru (umumnya) semakin pendek. Akhirnya hantu tidak membiru sama sekali (tapi masih akan berbalik arah).
  • Terowongan : Diindikasikan oleh bilah biru muda, terowongan memungkinkan Pac-Man dan hantu untuk secara instan berpindah dari satu sisi labirin ke sisi lainnya. Saat melakukan perjalanan melalui terowongan, Pac-Man bergerak dengan kecepatan normalnya, tetapi hantu berkurang menjadi setengah kecepatan. Ini memberikan Pac-Man kesempatan bagus untuk mengambil jarak antara dia dan pengejarnya, tapi hati-hati agar tidak terjebak oleh hantu lain yang masuk dari sisi lain.
  • Bonus : Bonus awalnya berbentuk buah-buahan, dan kemudian menjadi berbagai item. Mereka selalu muncul di tempat garis putih berada di bawah regenerator hantu. Dua bonus akan muncul di setiap babak, yang pertama saat 70 pelet telah dimakan, dan yang kedua saat 170 pelet telah dimakan. Meskipun mereka dapat membantu pemain mencapai skor yang lebih tinggi, konsumsi mereka hanya boleh dicoba ketika pantai terbuka untuk Anda.
  • Patroli Hantu : Saat ronde pertama dimulai, setiap hantu melakukan perjalanan ke sudut masing-masing dan berpatroli di daerah tersebut sampai mereka semua memutuskan untuk berburu Pac-Man. Setelah memburunya sebentar, mereka secara berkala akan kembali berpatroli untuk jangka waktu yang singkat. Setiap area patroli hantu ditunjukkan di peta dengan warnanya masing-masing (Shadow / Blinky: merah, Speedy / Pinky: merah muda, Bashful / Inky: cyan, Pokey / Clyde: oranye).
  • Gang “Buta” : Area ungu pada diagram sangat spesial. Di gang-gang ini, hantu diperbolehkan turun, tapi tidak boleh naik. Misalnya, jika Anda dikejar-kejar di sekitar pena hantu, dan Anda melewati salah satu garis ungu di atas pena, hantu tidak akan bisa mengikuti Anda.

 

Kecepatan makan pelet

Satu fakta penting yang harus diingat adalah Pac-Man bergerak lebih lambat saat dia makan pelet daripada saat dia bergerak melalui gang yang kosong. Jika salah satu hantu sedang menggairahkan di ekor Pac-Man, jangan memaksa untuk makan lebih banyak pelet untuk menyelesaikan putaran lebih cepat. Pergi ke jalur kosong yang akan memberi Pac-Man waktu melarikan diri sebanyak mungkin. Terus makan pellet adalah cara jitu untuk memperlambat Pac-Man dan tertangkap oleh hantu.

 

Bersihkan bagian bawah labirin terlebih dahulu

Baris labirin terendah adalah bagian labirin yang paling berbahaya untuk dibersihkan. Labirin yang panjang ini hanya memiliki sedikit rute pelarian, dan merupakan kesempatan utama bagi hantu untuk mengeroyok Pac-Man dan menyerangnya dari kedua arah. Waktu terbaik untuk membersihkan barisan ini adalah tepat di awal ronde, ketika hantu masih meninggalkan regenerator hantu. Inky adalah hantu kedua hingga terakhir yang meninggalkan regenerator, dan dia segera menuju ke pojok kanan bawah. Clyde adalah hantu terakhir yang meninggalkan regenerator, dan dia langsung menuju ke pojok kiri bawah. Kosongkan baris terbawah sebanyak yang Anda bisa dengan aman, tapi hindari Inky atau Clyde jika mereka mulai mendekat.

 

Gerakan sudut

Detail penting lainnya untuk diingat adalah bahwa Pac-Man dapat berbelok jauh lebih cepat daripada yang dilakukan hantu, memberikan peluang liburan besar lainnya. Area di sekitar bagian labirin yang menyerupai huruf T memberi Anda rute pelarian yang baik dengan zig-zag melalui gang-gang di kedua sisinya. Tetapi untuk melakukan ini dengan benar, Anda harus mendorong joystick untuk mengantisipasi belokan berikutnya lebih dulu, sehingga Pac-Man melakukan belokan secepat mungkin. Jika Anda tidak menginstruksikan Pac-Man untuk berbelok segera setelah diizinkan, manfaat mengambil tikungan akan hilang.

PM karya seni baru.png

Memanfaatkan terowongan

Terowongan adalah cara terbaik untuk membuat jarak antara Pac-Man dan hantu yang mungkin sedang mengintai. Hantu tersebut dipaksa untuk melakukan perjalanan melalui terowongan dengan kecepatan setengah dari kecepatan Pac-Man. Namun, sangat mudah untuk mengabaikan hantu lain yang menyelinap ke terowongan dari ujung lain, secara tidak sengaja menjebak Pac-Man di tengahnya. Jadi pastikan Anda melihat sekilas ke sisi lain layar sebelum merunduk ke dalam dan melarikan diri dari pengejar Anda.

 

Gang buta

Ada dua bagian labirin tempat Pac-Man diizinkan untuk melewatinya, dan hantu tidak bisa mengikuti. Dua bagian T tepat di atas dan di bawah regenerator hantu berisi gang-gang yang dapat dimasuki Pac-Man dari bawah, tetapi hantu mungkin tidak (kecuali jika berwarna biru). Oleh karena itu, jika Anda dikejar oleh hantu, Anda dapat merunduk di satu sisi T dan ke sisi lainnya, dan hantu tidak punya pilihan selain meninggalkan pengejaran mereka. Ini adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk menyelamatkan hidup Anda berulang kali.

 

Tempat yang aman

Sisi kanan bagian-T di bawah regenerator hantu dapat digunakan sebagai tempat aman di mana hantu tidak dapat menemukan dan menangkap Pac-Man. Ada dua syarat yang harus dipenuhi agar tempat aman berfungsi untuk Pac-Man. Pertama, tidak ada hantu yang harus “melihat” Pac-Man memasuki tempat aman. Jika mereka melakukannya, mereka akan mengikutinya ke sana, dan tempat tersebut tidak akan aman. Kondisi lainnya, Pac-Man harus menghadap utara. Anda tidak perlu mendekati titik tersebut dari selatan (tepat di sebelah kanan tempat Pac-Man memulai ronde). Anda dapat masuk dari timur dan dengan cepat mengubah orientasi ke arah utara. Jika Anda memenuhi kedua kondisi tersebut, Anda dapat meninggalkan Pac-Man di lokasi itu selama Anda suka dan memindahkan joystick saat Anda siap untuk melanjutkan pemutaran.

 

Psikologi hantu

Perilaku hantu

Diagram Ghost AI

Salah satu cara terbaik untuk tetap hidup adalah mengetahui cara berpikir musuh Anda. Dan percaya atau tidak, semua hantu memiliki “kepribadian” atau Artificial Intelligence (diprogram oleh Hideyuki Mokajima) masing-masing. Artinya, mereka masing-masing mengikuti seperangkat aturan yang sedikit berbeda untuk mencari tahu ke mana harus berbelok saat bergerak di sekitar labirin. Jika Anda berada dalam situasi sulit, dan sepertinya Anda mungkin diserang dari kedua sisi oleh dua hantu yang berbeda, mengetahui bagaimana masing-masing akan bereaksi dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.

Lihat diagram di sebelah kanan. Dalam situasi saat ini, tempat di mana setiap hantu ingin mencapai ditunjukkan dengan lingkaran berwarna. Blinky jelas ingin pergi ke posisi Pac-Man (lingkaran merah). Kecuali, dia tidak bisa menghubunginya karena dia tidak diizinkan naik ke jalan buntu tempat Pac-Man berada. Pinky ingin pergi ke lingkaran merah muda di bagian bawah regenerator hantu, yang berjarak empat kotak di depan Pac. Arah -Man saat ini. Karena Pinky tidak pernah bisa masuk ke sana, dia akan terus mengitari regenerator hantu, sampai Pac-Man bergerak. Logika Inky agak rumit. Kotak cyan adalah jarak dua kotak dari arah Pac-Man saat ini. Tempat dimana Inky ingin pergi adalah lokasi yang jaraknya sama dari kotak di arah berlawanan dari posisi Blinky (ditandai dengan lingkaran cyan). Dia juga akan mengelilingi regenerator hantu sampai Pac-Man bergerak karena Blinky tidak akan pernah bisa menghubunginya. Clyde sederhana. Clyde ingin pergi ke lingkaran merah ketika dia jauh dari Pac-Man, dan dia ingin pergi ke pojok kiri bawah (lingkaran oranye) ketika dia sudah dekat. Dengan demikian, Pac-Man aman di lokasinya saat ini.

Bug AI

Saat Pac-Man menghadap ke atas, sebenarnya ada bug dalam kode yang membuat jarak target Pinky empat di atas dan empat di kiri Pac-Man. Demikian pula, kotak cyan yang ingin kebalikan dari Inky sebenarnya adalah dua di atas dan dua di kiri Pac-Man. Hal ini membuat target Inky sebenarnya berada empat ruang di sebelah kiri dari apa yang ditunjukkan pada gambar. Ini karena kesalahan luapan.

Bug pass-through

Pac-Man dan keempat hantu masing-masing menempati satu sel, yang digunakan untuk menentukan apakah mereka bertabrakan.

Jika Pac-Man dan salah satu hantu bertukar ubin pada saat yang sama, Pac-Man akan lolos tanpa cedera.

 

Pojok rumah

Selain perilaku yang telah diprogram sebelumnya, hantu secara bersamaan memasuki periode di mana mereka harus kembali ke “sudut rumah” mereka untuk beberapa saat. Ketika hantu berada di belakang Anda pada suatu saat dan tiba-tiba berbalik arah pada saat berikutnya, ini berarti mereka kembali ke sudut asalnya. Selama beberapa detik berikutnya, mereka tidak hanya tidak akan aktif mengejar Anda, tetapi Anda juga dapat mengikuti mereka dengan aman ke mana pun mereka pergi. Tetapi Anda harus ingat bahwa perilaku sudut rumah ini hanya berlangsung beberapa detik sebelum mereka berbalik dan mulai mengejar Anda lagi secara aktif, jadi Anda harus menggunakan waktu ini dengan bijak dan membersihkan bagian dari labirin yang terlalu berbahaya untuk dibersihkan, seperti baris terbawah dengan bentangan yang panjang dan sedikit jalan keluar.

PM Namco artwork.png

Khawatir tentang Blinky dan Pinky

Saat membahasnya, Blinky dan Pinky adalah yang paling berbahaya dari empat hantu. Blinky mencoba menyerang Anda dengan mengambil jalur terpendek yang bisa dia temukan ke posisi Pac-Man saat ini. Pinky, di sisi lain, mencoba untuk menyergap Anda dengan pindah ke lokasi yang Anda tuju. Dibandingkan dengan keduanya, Inky dan Clyde tidak memiliki “naluri pembunuh” itu. Inky tidak akan mengejar Anda terlalu kuat kecuali Blinky ada, dan Clyde sepertinya berada di dunianya sendiri.

Karena Pinky mencoba mendekati titik empat kotak di depan Pac-Man, Anda bisa mengelabui Pinky agar menjauh. Misalnya, jika Anda baru saja berbelok di persimpangan dengan Pinky sedang mengejar, pembalikan cepat akan mengalihkan perhatiannya untuk bergerak ke arah yang salah – tetapi ini tidak selalu berhasil.

Secara umum, kelangsungan hidup Pac-Man bergantung pada menjauh dari Blinky dan Pinky, meskipun itu berarti semakin dekat dengan Inky dan Clyde. Setelah Anda mendapatkan power pellet, dan jika Anda memiliki kesempatan, Anda harus memakan Blinky dan Pinky terlebih dahulu agar mereka tidak bermain lebih lama.

 

Pikat para hantu

Terkadang, mengajak hantu mendekati Pac-Man dapat berguna. Mungkin Anda ingin mereka berkumpul di sekitar Anda sebelum Anda memakan pelet listrik, sehingga Anda dapat memaksimalkan potensi perolehan poin Anda. Atau mungkin Anda ingin memperlambatnya dengan memikat mereka ke dalam terowongan sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu ekstra yang akan Anda peroleh saat hantu berjuang untuk melewati terowongan. Salah satu metode terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggoyangkan joystick agar Pac-Man bergerak maju mundur. Semakin banyak hantu yang melihat Anda, semakin besar kemungkinan mereka menuju ke arah Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa hantu tidak berada dalam fase “sudut rumah” dari perilaku mereka sebelum mencoba untuk memikat mereka, karena mereka tidak akan secara aktif mengejar Anda.

 

Mendapatkan poin

Simpan beberapa pelet untuk yang terakhir

PM artwork2.png baru

Karena hantu lebih mungkin untuk berkumpul bersama dan mengejar Pac-Man di akhir ronde, yang terbaik adalah menyimpan pelet kekuatan untuk yang terakhir. Salah satu pemborosan terbesar dari setiap peluang mencetak gol adalah memakan pelet kekuatan sebagai pelet terakhir di babak. Meskipun hantu biru ada di dekatmu, kamu tidak akan mendapat kesempatan untuk memakannya untuk mendapatkan poin. Jika Anda menyimpan beberapa pelet, di dekat salah satu pelet daya, dan menyimpan pelet daya itu untuk yang terakhir, Anda dapat mengkonsumsinya, memakan hantu sebanyak yang Anda bisa di dekatnya, dan dengan cepat menyelesaikan ronde dengan mengonsumsi pelet yang Anda simpan untuk akhir. . Ingatlah bahwa hantu akan langsung berbalik arah saat Anda memakan power pellet, jadi pastikan mereka berada sedekat mungkin dengan Anda sebelum memakannya, agar Anda tidak perlu mengejarnya.

 

Buah bonus

Buah bonus muncul tepat di bawah kandang hantu saat Anda makan 70 pelet, dan lagi saat Anda makan 170 pelet. Dan saat memakan sepasang ceri 100 poin adalah aspek yang menyenangkan dari bermain di babak pertama, itu tidak seberapa dibandingkan dengan kunci 5000 poin, yang akan Anda temui nanti dalam permainan. Jangan mempertaruhkan hidup Anda dalam upaya mengumpulkan buah-buahan bernilai lebih rendah jika Anda ingin menjadikannya barang-barang bonus yang sangat berharga. Bagi pemula, buah bonus hanyalah peluang poin, tetapi bagi ahli, itu adalah indikasi sifat alami putaran yang Anda hadapi. Setelah Anda mencapai jeruk (Putaran 3 dan 4), buah bonus biasanya memberi tahu Anda sesuatu tentang waktu biru hantu untuk putaran itu. Dengan pengecualian tunggal pada anggur (Putaran 7 dan 8),

 

Waktu hantu biru

PM karya seni tua.png

Selain fakta yang disebutkan di atas, waktu biru hantu biasanya berkurang saat Anda mencapai putaran yang lebih tinggi. Ini berarti tantangan mendapatkan 3000 poin untuk keempat hantu dengan satu pelet kekuatan jauh lebih mudah di awal permainan daripada nanti. Sepanjang permainan, Anda harus memberikan perhatian khusus saat hantu mulai berkedip dan berkedip putih. Ini berarti hantu hanya akan ketakutan beberapa detik lagi sebelum mereka kembali mengejar Anda. Setelah Anda melihat ini, jangan terus mengejar hantu jika dia masih jauh. Anda mungkin akan menghubunginya tepat pada waktunya agar dia membunuh Anda. Sebagai gantinya, gunakan waktu ini untuk menuju bagian terdekat dari labirin yang perlu dibersihkan.

 

Nilai sempurna

Skor permainan sempurna adalah 3.333.360 poin, yang berarti Anda harus memakan setiap buah bonus, memakan keempat hantu dengan setiap pelet kekuatan, dan menyelesaikan 255 putaran. Satu-satunya saat Anda harus memakan hantu adalah ketika ada waktu biru untuk hantu (lihat di atas) di ronde. Ini bisa sangat sulit karena Anda perlu menghafal polanya dan memakan keempat hantu tersebut, meskipun hanya berwarna biru untuk sepersekian detik! Ini hanya akan berfungsi jika Anda telah memilih untuk memulai permainan dengan lima nyawa, dan Anda juga harus memakan semua pelet tersembunyi di putaran layar terbagi setiap saat. Perhatikan bahwa hanya 333.360 yang muncul di layar karena tampilan skor dari game Namco 8-bit awal berguling ke 1.000.000.

Sumber: strategywiki

 

 

NEXT BACK BACK TO HOME
This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.